4 Cara Mudah untuk Cek KTP via Internet

By | Juli 11, 2019

Cek KTP elektronik terkadang dibutuhkan untuk mengetahui KTP yang Anda pegang merupakan KTP asli atau palsu. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari penipuan yang saat ini banyak terjadi menggunakan KTP palsu. Di era digital ini pemerintah memberikan berbagai kemudahan kepada masyarakat untuk melakukan kegiatan secara online, termasuk dengan cek KTP. Anda tidak perlu bersusah-susah lagi untuk mengecek kevalidan KTP ke dinas kependudukan dan catatan sipil setempat. Hanya di rumah dan bermodalkan jaringan internet saja, kevalidan sebuah KTP sudah bisa diverifikasi. Berikut ini ada 4 cara cek KTP via internet yang bisa dipilih.

Cek KTP via internet

4 Cara Cek KTP via Internet yang Bisa Anda Pilih

KTP atau Kartu Tanda Penduduk saat ini sudah berbentuk elektronik yang bertujuan untuk mengintegrasikan data dari pemegang dengan data milik dinas. Mulai tahun 2013, pemerintah mewajibkan semua warganya untuk mengganti KTP dengan E-KTP. Sebagian besar pemegang KTP tidak tahu apakah KTP milik mereka merupakan KTP asli yang datanya terintegrasi dengan dinas atau malah KTP palsu yang akan merugikan jika digunakan. Di bawah ini ada 4cara cek KTP via internet yang bisa Anda gunakan untuk mengecek kevalidannya:

  1. Mengecek KTP MenggunakanEmail

Mungkin tidak banyak yang tahu jika cek KTP online bisa dilakukan menggunakan surat elektronik atau email. Email merupakan aplikasi yang ringan dan memiliki pengguna mayoritas sehingga pemerintah menyediakan layanan cek KTP via aplikasi ini. Caranya sangat mudah, Anda tinggal mengirim pesan email berisi data pribadi ke alamat callcenter.dukcapil@gmail.com. Data yang dikirim diantaranya adalah :

  • #Nomor Induk Kependudukan
  • #Nama Lengkap
  • #Nomor Kartu Keluarga
  • #Nomor Telepon
  • #Keluhan

Download Juga: Whatsapp Mod

  1. Mengecek KTP Menggunakan Sosial Media

Sosial media tidak hanya berfungsi sebagai tempat keluh kesah atau berkomunikasi dengan teman dunia maya saja. Sosial media ternyata juga bisa Anda manfaatkan untuk melakukan pengecekan kevalidan dari KTP. Twitter dan Facebook merupakan sosial media yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pengecekan terhadap kevalidan KTP. Kedua sosial media tersebut memang menjadi salah satu favorit masyarakat yang senang berjelajah di dunia maya.

Namun Anda harus berhati-hati, ketika tidaktahu mana akun resmi milik dinas dan mana akun palsu. Jika Anda mengirim data diri melalui akun palsu, hal tersebut merugikan karena akan rawan terhadap penyalahgunaan yang mungkin terjadi. Akun resmi milik dinas kependudukan dan catatan sipil adalah Halo Dukcapil untuk facebook, serta @ccdukcapil untuk twitter. Aplikasi resmi biasanya sudah mendapatkan verifikasi dari pihak twitter sehingga Anda tidak mungkin keliru.

Berikut ini cara cek KTP via internet menggunakan sosial media :

  • Pergi ke akun resmi milik dinas kependudukan dan catatan sipil yaitu Halo Dukcapil untuk facebook atau @ccdukcapil untuk twitter.
  • Kirim privatemessage atau directmessage bahwa Anda ingin mengecek kevalidan KTP. Admin nantinya akan memberikan persyaratan yang harus Anda kirimkan biasanya berupa data pribadi seperti NIK, nama lengkap, dan lain sebagainya.
  • Jika Anda sudah memberikan data pribadi, selanjutnya hanya tinggal menunggu pesan dibalas.

Baca Juga: 0853 operator apa

  1. Mengecek KTP Menggunakan Aplikasi Cek KTP ID dan NIK Online

Aplikasi yang digunakan untuk mengecek kevalidan KTP bernama Cek KTP ID dan NIK Online. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis melalui playstore atau google. Aplikasi ini tidak resmi dikeluarkan oleh pemerintah sehingga kevalidannya sedikit dipertanyakan. Berikut ini cara cek KTP via internet menggunakan aplikasi Cek KTP ID dan NIK Online :

  • Download dan install aplikasi Cek KTP ID dan NIK Online melalui playstore atau google.
  • Setelah terinstall di ponsel, kemudian masuk ke aplikasi dan isikan Nomor KTP Anda. Selanjutnya klik Cek untuk memproses pencarian.
  • Maka akan keluar datanya jika KTP Valid.

Baca Juga: Gyro Buster Mod Apk

  1. Mengecek KTP Menggunakan Website Resmi

Cara cek NIK KTP valid atau tidak yang terakhir adalah dengan menggunakan website resmi milik Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di bawah Kementrian Dalam Negeri. Cara cek KTP via internet menggunakan website resmi ini merupakan cara yang paling valid untuk digunakan karena website resmi dibuat oleh dinas langsung. Cara mengeceknya adalah sebagai berikut :

  • Siapkan device yang akan digunakan bisa berupa smartphone, PC, atau laptop.
  • Masuk ke halaman website resmi dengan alamat http://dukcapil.kemendagri.go.id/
  • Masukkan Nomor Induk Kependudukan KTP yang ingin dicek.
  • Jika data Anda valid, maka akan ditampilkan informasi seputar NIK yang telah dimasukkan.

Baca Juga: Cara Cek Nomor 3

Itulah 4 cara yang bisa Anda pilih untuk melakukan cek KTP via internet agar terhindar dari penipuan KTP palsu. Pilih salah satu cara cek KTP online yang menurut Anda mudah digunakan untuk mengecek keaslian KTP atau melihat apakah data Anda sudah masuk di dinas atau belum. Semoga informasi dan penjelasan yang diberikan di atas dapat membantu dan bermanfaat untuk Anda yang sedang mencarinya.