Cara Registrasi Kartu 3 (Tri) Untuk Menikmati Layanan Komunikasi

Sesuai dengan peraturan baru yang diterapkan oleh pemerintah melalui Kementrian Komunikasi, setiap pengguna kartu prabayar wajib mendaftarkan nomornya, baik nomor baru maupun nomor yang sudah lama digunakan. Peraturan ini berlaku untuk semua pengguna layanan komunikasi dari semua operator seluler penyedia layanan komunikasi. Hal tersebut bertujuan untuk melindungi data para pengguna agar tidak mudah disalahgunakan untuk hal-hal yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, registrasi atau pendaftaran ini juga ditujukan agar pengguna tidak terlalu sering mengganti kartu karena saat registrasi dibutuhkan data pribadi berupa nomor Induk Kependudukan dan nomor Kartu Keluarga. Nah, berikut ini akan dijelaskan berbagai cara registrasi kartu 3 yang bisa Anda terapkan untuk mendaftarkan nomor Anda.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, proses registrasi nomor telepon pengguna layanan komunikasi ini membutuhkan data pribadi pengguna. Maka dari itu, sebelum melakukan registrasi dan menerapkan cara registrasi kartu tri yang akan dijelaskan di bawah ini, pastikan Anda menyiapkan Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga terlebih dahulu. Kedua dokumen ini akan dibutuhkan nantinya untuk melakukan registrasi baik registrasi ulang kartu lama maupun registrasi kartu baru. Jika sudah, maka Anda bisa melakukan langkah-langkah registrasi kartu berikut ini.

Baca Juga: Cara Registrasi Kartu Indosat Ooredoo IM3

Cara Registrasi Kartu 3 Mudah dan Cepat Baik Offline maupun Online

Meskipun terlihat merepotkan, proses registrasi kartu prabayar setiap operator seluler ini sebenarnya bertujuan baik. Dari segi konsumen, proses registrasi ini akan menjamin keamanan data dan nomor pengguna agar tidak dimanfaatkan oleh orang lain untuk tujuan yang tidak bertanggung jawab. Dari segi pengusaha atau provider, proses registrasi ini akan mencegah pengguna dari kebiasaan terlalu sering berganti kartu. Kebiasaan ini sebenarnya sangat berdampak buruk, karena selain bisa menimbulkan polusi dari kartu-kartu yang tidak digunakan, kebiasaan bergonta-ganti kartu juga menyulitkan pendataan pengguna. Karena itu dilakukan registrasi agar pendataan pengguna lebih mudah serta bisa meningkatkan keuntungan bagi provider.

Untuk memudahkan pengguna dalam melakukan proses registrasi, pemerintah yang bekerja sama dengan provider telepon seluler pun terus menciptakan inovasi. Inovasi tersebut termasuk juga dalam cara registrasi kartu ini. Secara umum proses registrasi bisa dilakukan secara online maupun offline. Secara online bisa dilakukan dengan mengunjungi situs resmi provider telepon seluler, sedangkan secara offline bisa dilakukan dengan mengirim pesan ke provider. Bagi Anda pengguna kartu tri, berikut ini adalah cara registrasi kartu 3 baik secara online maupun offline.

Baca Juga: Cara Registrasi Kartu Smartfren

  1. Cara Registrasi Kartu 3 dengan Mengirim SMS

Proses registrasi pertama bisa dilakukan secara online yaitu dengan mengirim sms ke provider penyedia layanan komunikasi. Dalam mengirim sms ke provider, ada sedikit perbedaan format pengiriman sms antara pengguna kartu baru dengan pengguna kartu lama. Untuk pengguna kartu lama proses registrasi bisa dilakukan dengan mengirim sms dengan format ULANG#NIK (16 digit)#No KK (16 digit). Jika sudah menulis pesan dengan format tersebut, selanjutnya kirimkan pesan tersebut ke nomor 4444.

Selanjutnya bagi Anda pengguna kartu baru, cara registrasi kartu 3 baru sedikit berbeda dengan cara registrasi ulang kartu pengguna lama. Perbedaannya adalah pada format penulisan pesannya. Untuk pengguna baru format penulisan pesannya hanya menuliskan Nomor Induk Kependudukan (NIK) 16 digit#Nomor Kartu Keluarga (16 digit). Jika sudah kirim format sms tersebut ke nomor 4444. Terakhir, tinggal tunggu hingga Anda mendapat pemberitahuan registrasi berhasil.

  1. melalui Situs Resmi Tri

Cara registrasi kartu 3 selanjutnya bisa dilakukan secara online dengan mengakses situs resmi 3. Pertama, masuk ke laman https://registrasi.tri.co.id/. Jika sudah, Anda akan melihat tampilan beberapa pilihan menu. Pilih pada opsi ‘Registrasi Calon Pelanggan’. Setelah itu isikan data pribadi Anda berupa nomor NIK dan Nomor KTP Anda. Jika menggunakan cara ini Anda juga harus memasukkan 4 digit terakhir nomor ICCID yang biasanya tertulis di belakang kartu SIM. Terakhir klik ‘Kirim’ dan nomor Anda akan diregistrasikan.

Jika sudah melakukan proses registrasi dengan cara yang sudah dijelaskan di atas, banyak pengguna yang masih belum yakin apakah kartunya sudah teregistrasi atau belum. Untuk itu juga ada cara cek registrasi kartu 3 yang bisa Anda lakukan. Caranya adalah dengan mengirim sms ke nomor 4444 dengan format ‘STATUS’. Jika sudah, selanjutnya akan ada pesan balasan yang memberitahukan status kartu Anda apakah sudah diregistrasikan atau belum.

Baca Juga: Cara mengecek Nomor 3 (Tri)

Mengetahui cara registrasi kartu 3 atau kartu operator lainnya ini sangat penting karena jika tidak diregistrasikan maka Anda tidak akan bisa menikmati layanan komunikasi yang disediakan oleh masing-masing operator. Cara registrasi antara satu operator dengan operator lainnya pun tidak jauh berbeda. Jika Anda pengguna layanan telekomunikasi dari Provider 3, Anda bisa menggunakan cara registrasi yang dijelaskan di atas.