3 Cara Registrasi Kartu Indosat Ooredoo IM3

By | Juni 2, 2019

Beberapa waktu belakangan pemerintah melalui Kemenkominfo menerapkan aturan baru dalam komunikasi untuk memudahkan serta melindungi konsumen layanan telekomunikasi di Indonesia. Aturan baru itu adalah dengan mendaftarkan setiap kartu perdana, baik kartu yang sudah lama maupun kartu baru, baik kartu prabayar maulin pasca bayar. Hal ini bertujuan untuk melindungi keamanan pengguna saat menggunakan layanan komunikasi apapun operatornya. Nah, bagi Anda pengguna operator Indosat, ada berbagai cara registrasi kartu Indosat yang bisa Anda terapkan untuk mendaftarkan nomor Indosat Anda.

Cara Registrasi Kartu indosat

Cara Registrasi Kartu indosat Im3

Cara Registrasi Kartu Indosat Ooredoo Pengguna Baru

Kartu Indosat Ooredoo adalah upgrade dari operator Indosat yang lama. Layanan yang diberikan sudah pasti juga sudah ditingkatkan untuk memudahkan penggunanya. Karena tergolong kartu baru, kebanyakan pengguna dari layanannya juga pengguna baru. Maka dari itu cara registrasi kartu Indosat Ooredoo berikut bisa Anda ikuti.

  1. Siapkan Data yang Dibutuhkan

Sebelum memulai langkah-langkah cara registrasi kartu Indosat yang pertama-tama harus Anda lakukan adalah menyiapkan berkas yang dibutuhkan. Untuk melakukan registrasi ini nantinya Anda akan diminta memasukkan nomor KTP dan KK. Karena itu sebelum melakukan registrasi, siapkan dulu dua berkas tersebut. Atau jika ingin lebih aman, Anda hanya perlu menulis nomor KK dan KTP seperti yang dibutuhkan.

  1. Kirim SMS ke 4444

Langkah selanjutnya adalah kirim sms ke nomor 4444 dengan format lengkap NIK#No KK. Cara ini berlaku jika Anda menggunakan kartu Indosat terbaru atau yang lebih dikenal dengan nama Indosat Ooredoo. Setelah mengirim ke nomor 4444 tunggu sampai Anda mendapat sms konfirmasi yang memberitahukan bahwa proses registrasi Anda sudah berhasil. Jika sms balasannya berbunyi tidak berhasil, maka cek lagi data yang Anda kirimkan. Lalu kirim sekali lagi.

  1. Datang Langsung ke Galeri Indosat

Jika cara sebelumnya terlalu sulit atau Anda mengalami kendala saat melakukan registrasi, maka Anda bisa menggunakan cara registrasi kartu Indosat selanjutnya, yaitu datang langsung ke galeri Indosat. Jangan lupa membawa data yang dibutuhkan. Disana akan ada customer service yang akan membantu proses registrasi.

Baca Juga: Cara Cek Nomor Indosat

Cara Registrasi Kartu Indosat Online yang Mudah dan Efektif

Selain dengan cara sms, proses registrasi kartu juga bisa dilakukan secara online. Setiap operator memiliki laman khusus registrasi tersendiri. Berikut adalah cara registrasi kartu Indosat online yang bisa Anda ikuti.

  1. Masuk Laman Registrasi Indosat Ooredoo

Langkah pertama dalam cara registrasi kartu Indosat secara online adalah Anda harus mengakses laman registrasi Indosat terlebih dahulu. Untuk itu Anda bisa mengaksesnya melalui laman https://mycare.indosatooredoo.com/registration

  1. Masukkan Data yang Dibutuhkan

Langkah selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan data yang dibutuhkan. Sama seperti cara registrasi melalui sms, registrasi melalui online ini juga membutuhkan nomor KTP dan nomor KK. Masukkan masing-masing di kolom yang sudah disediakan.

  1. Klik ‘I’m not a robot’ lalu Periksa Kembali

Jika sudah di bagian bawah tampilan Anda akan melihat menu ‘I’m not a robot’. Klik pada kotak yang berada di samping tulisan hingga muncul tanda ceklis. Jika sudah, terakhir klik pada menu ‘Periksa’ untuk memastikan data yang dimasukkan sudah benar. Jika belum, cek kembali data yang diisikan. Jika sudah, maka proses registrasi akan langsung diproses dan Anda akan mendapat pemberitahuan bahwa proses registrasi berhasil.

Baca Juga : Cara Registrasi Kartu Smartfren

Cara Registrasi Kartu IM3, untuk Pengguna Kartu Lama

Apabila Anda masih pengguna kartu Indosat lama seperti IM3, maka yang harus Anda lakukan adalah melakukan pendataan ulang nomor Anda. Caranya hampir sama dan data yang dibutuhkan juga sama. Nah, berikut adalah cara registrasi kartu IM3 melalui sms, cara paling umum dan mudah yang bisa Anda lakukan.

  1. Siapkan Nomor KK dan KTP

Masih sama dengan cara registrasi sebelumnya, yang harus Anda siapkan adalah nomor KTP dan KK. Siapkan 16 digit nomor yang tercantum pada kedua berkas tersebut.

  1. Kirim SMS ke 4444

Seperti sudah sedikit dijelaskan sebelumnya, karena adanya peningkatan layanan dari Indosat yang berganti nama menjadi Indosat Ooredoo, maka kartu perdana yang masih menggunakan nama IM3 atau mentari, cara registrasinya sedikit berbeda. Format sms yang digunakan adalah ULANG#NOMOR KTP#NOMOR KK lalu kirimkan ke 4444. Tunggu sampai Anda mendapatkan notifikasi bahwa proses registrasi sudah berhasil. Jika tidak ada pemberitahuan berhasil atau ada pemberitahuan gagal, maka Anda harus mengulang langkah tersebut dan pastikan data yang dimasukkan sudah benar.

Aturan baru yang diterapkan pemerintah melalui Keminfo ini bertujuan untuk melindungi data pengguna, memudahkan komunikasi serta memberikan efisiensi dalam industri komunikasi. Dengan adanya aturan ini diharapkan akan mengubah kebiasaan masyarakat yang gemar menggunakan kartu perdana sekali pakai. Dengan begitu perusahaan juga bisa lebih berhemat hingga triliunan rupiah. Nah, beberapa cara registrasi kartu Indosat di atas semoga bisa membantu Anda dalam melakukan proses registrasi ulang kartu perdana yang Anda gunakan.