Cara Registrasi Kartu Telkomsel Baru Offline dan Online

By | September 9, 2019

Awal tahun 2018 lalu, pemerintah melalui Kementrian Komunikasi menerbitkan peraturan baru yang mewajibkan setiap pengguna layanan komunikasi untuk mendaftarkan kartu atau nomor telponnya. Informasi registrasi ini pun kemudian diteruskan kepada para operator telepon seluler untuk kemudian diteruskan kepada konsumennya. Karena itulah pengguna layanan komunikasi pasti mendapat pemberitahuan tersebut, termasuk Anda pengguna Telkomsel. Bagi Anda pengguna baru dari layanan Telkomsel, Anda harus tahu cara registrasi kartu Telkomsel agar bisa tetap nyaman menikmati layanan yang diberikan.

Proses registrasi kartu prabayar ibu dilakukan dengan tujuan yang beragam, terutama adalah untuk melindungi keamanan data pelanggan sendiri. Dengan melakukan proses registrasi kartu prabayar ini maka diharapkan pelanggan akan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan berkaitan dengan data pribadi pengguna. Apalagi saat ini banyak tindak kejahatan digital yang menggunakan data pribadi pengguna layanan komunikasi.

Cara Registrasi Kartu Telkomsel

Selain melindungi data pribadi pengguna dari tindakan penyalahgunaan oleh pihak tak bertanggung jawab, proses registrasi ini juga bertujuan untuk mengatur agar trafik sistem agar tidak padat. Dengan begitu kegiatan komunikasi pelanggan bisa tetap terjaga. Hal ini berlaku untuk semua pengguna layanan komunikasi dari berbagai provider operator, termasuk salah satunya Telkomsel. Untuk Anda pengguna kartu Telkomsel, berikut ini adalah cara registrasi kartu Telkomsel yang bisa Anda ikuti.

Cara Registrasi Kartu Telkomsel Offline

Untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan registrasi, cara registrasi kartu perdana Telkomsel juga bisa dilakukan secara online maupun offline. Cara paling mudah adalah registrasi secara offline. Untuk melakukan registrasi kartu perdana Telkomsel secara offline ini tidak membutuhkan jaringan internet karena bisa dilakukan dengan mengirim pesan singkat (sms). Namun sebelum mulai melakukan proses registrasi, siapkan berkas atau data yang dibutuhkan terlebih dahulu, diantaranya NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan Nomor Kartu Keluarga (KK). Kedua dokumen ini adalah syarat wajib yang harus dipenuhi saat melakukan registrasi. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  1. Format Pengiriman SMS

Untuk melakukan cara registrasi kartu Telkomsel baru melalui sms, hal pertama yang harus diperhatikan adalah format penulisan pesannya. Format penulisan sms untuk pengguna baru dan pengguna lama juga sedikit berbeda. Untuk registrasi pengguna baru, format penulisan pesannya adalah dengan mengetikkan REG (spasi) 16 digit Nomor Induk Kependudukan (NIK)#16 digit nomor Kartu Keluarga (KK)#.  Pastikan Anda menuliskan nomor NIK dan Nomor KK ini dengan benar.

Sedangkan untuk pengguna lama, proses registrasi ulang juga bisa dilakukan melalui sms. Namun, format penulisannya juga sedikit berbeda. Untuk pengguna lama yang akan melakukan registrasi ulang, format penulisan smsnya adalah ULANG#NIK#NO KK.

  1. Kirim ke 4444

Jika sudah menuliskan format sms seperti yang dijelaskan di atas, langkah selanjutnya dari cara registrasi kartu Telkomsel adalah mengirim pesan yang sudah Anda tuliskan tersebut. Kedua format penulisan pesan tersebut harus Anda kirimkan ke nomor 4444. Jika sudah mengirim pesan tersebut, tunggu sampai ada pemberitahuan lanjutan dari operator tentang status registrasi Anda.  Jika berhasil, Anda akan mendapat pesan balasan bahwa proses registrasi sudah berhasil dilakukan. Jika tidak berhasil pun And akan tetap mendapat pemberitahuan dari operator.

Baca Juga: Cara Registrasi Kartu 3 (Tri) Untuk Menikmati Layanan Komunikasi

Cara Registrasi Kartu Telkomsel Online

Selain dengan cara offline, Anda juga bisa meregistrasikan kartu Simpati maupun Kartu AS atau kartu Telkomsel lainnya secara online melalui website yang disediakan. Sama seperti cara sebelumnya, Anda juga harus menyiapkan NIK dan KK. Selain itu, siapkan juga kartu baru yang akan diregistrasikan tersebut. Jika sudah, ikuti langkah dan cara registrasi Kartu Simpati baru maupun Kartu AS baru berikut.

  1. Buka Situs Telkomsel

Langkah pertama dari cara registrasi kartu AS dan Simpati baru adalah mengakses situs Telkomsel khusus registrasi dan registrasi ulang kartu. Anda bisa mengaksesnya di laman https://www.telkomsel.com/daftar-ulang-prepaid. Setelah mengakses situs tersebut Anda akan langsung dialihkan ke tampilan awal registrasi berupa kolom-kolom untuk input data pribadi Anda.

  1. Isi Data yang Dibutuhkan

Selanjutnya, isikan data yang dibutuhkan, yaitu berupa NIK dan No KK serta nomor Telkomsel yang akan diregistrasikan. Setelah itu kirimkan data tersebut dengan klik tombol ‘Kirim’ berwarna merah di bagian bawah. Tunggu hingga ada notifikasi bahwa proses registrasi Anda telah berhasil dilaksanakan.

Baca Juga: Cara Mengecek Nomor Telkomsel Simpati Lebih Mudah

Peraturan baru yang diterapkan oleh pemerintah kepada setiap pengguna layanan komunikasi untuk mendaftarkan nomornya, baik nomor baru maupun nomor yang sudah lama digunakan bertujuan untuk melindungi keamanan data pelanggan. Karena itu setiap pengguna layanan komunikasi wajib melakukan registrasi untuk melindungi data pribadinya. Setiap provider telekomunikasi juga menerapkan metode registrasi yang sama, yaitu secara online dan secara offline. Nah, bagi Anda pengguna Telkomsel, cara registrasi kartu Telkomsel di atas bisa Anda terapkan untuk melakukan registrasi. Yang lebih membahagiakan adalah Telkomsel juga menyediakan berbagai promo menarik setelah Anda berhasil melakukan registrasi.